Begini Prosedur Menerima Dan Melayani Pelanggan Yang Benar

Begini Prosedur Menerima Dan Melayani Pelanggan Yang Benar

Prosedur Menerima & Melayani Pelanggan

A.Pelanggan datang :

1 . Begini Prosedur Menerima Dan Melayani Pelanggan Yang Benar – Disapa dengan ucapan selamat datang selamat pagi , siang sore , malam , dan dengan senyum ramah .

2 . Pelanggan dipersilakan untuk memilih / meramu bakso di meja saji dengan urutan dari kiri ke kanan ( dari mengambil mangkuk sampai diberi bumbu ) oleh PENYAJI 1 ; PENYAJI 2 menanyakan minuman yang diinginkan pelanggan dan segera membuatkannya di dapur .

3 . Ramuan bakso pelanggan diberikan kepada PENYAJI 1 untuk diberi bumbu dan kuah serta dihitung biayanya , pelanggan dipersilakan menunggu di ruang makan .

4 . PENYAJI 2 membawa minuman , mengambil bakso yang sudah diramu di PENYAJI 1 dan disajikan kepada pelanggan di ruang makan .

Baca Juga : Ini Dia Mindset Agar Mempunyai Banyak Reseller, Simak yaa

5. Pelanggan menikmati Mie Ayamnya : PENYAJI 1 dan PESURUH siap sedia jika pelanggan membutuhkan bantuan .

6. Pelanggan melakukan transaksi di meja kasir :

7. Transaksi dilayani oleh SUPERVISOR atau PENYAJI 1 selesai transaksi SUPERVISOR atau PENYAJI 1 mengucap kan terima kasih diiringi dengan senyum ramah dan ungkapan supaya pelanggan datang kembali .

8. PENYAJI 2 mengambil peralatan makan yang sudah selesai digunakan dan ditaruh di dapur .

9. PENYAJI 2 kembali All 2 kembali ke ruang makan dan membersihkan kursi yang habis dipakai pelanggan dan mengepel lantai ( jika diperlukan ) . PESURUH mencuci peralatan makan tersebut dan menyimpannya di tempat yang sudah disediakan .

Personal in Charge :

  1. Supervisor
  2. Penyaji 1
  3. Penyaji 2
  4. Pesuruh Bagan

Prosedur Transaksi dengan Pelanggan Uraian Pekerjaan :

A . Pelanggan datang ke meja kasir .

  • Disambut senyum ramah supervisor / penyaji 1 .
  • Supervisor / penyaji 1 menghitung biaya berdasarkan catatan nota yang sudah dibuat sebelumnya dan menanyakan apakah ada tambahan yang belum tercatat
  • Supervisor / penyaji memberitahukan jumlah yang harus di bayar pelanggan dan memberikan nota asli kepada pelanggan .

B . Pelanggan membayar biaya yang sudah dihitung oleh Supervisor / penyaji

Supervisor / penyaji memastikan jum lah yang dibayar sesuai nota dan mengucapkan terima kasih dan senyum ramah dan memberikan informasi yang diperlukan jika pelanggan menanyakannya . Jika pelanggan tidak bertanya , tetapi ada program promosi yang harus dikomunikasikan kepada pelanggan , supervisor / penyaji 1 juga bisa memberikan informasi tersebut pada waktu itu.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

C . Pelanggan akan meninggalkan gerai , supervisor mengucap kan terima kasih diiringi senyuman ramah , mengungkapkan harapan agar pelanggan datang kembali dan mengingatkan pelanggan agar tidak meninggalkan barang – barang di gerai .

Personal In Charge :

Supervisor atau Penyaji 1

Sumber : Suryono Ekotama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: