Cara Membuat Konsumen Tertarik Dengan Produk Kita

Cara Membuat Konsumen Tertarik Dengan Produk Kita

THE BATTLE IS ON THE PEOPLE MINDS

Cara Membuat Konsumen Tertarik Dengan Produk Kita – Di era global seperti ini , konsumen akan dihadapkan pada banyak pilihan meskipun untuk satu jenis kebutuhan saja. Mereka akan berhadapan dengan puluhan ratusan bahkan ribuan merek. Apa yang akan terjadi kemudian ? Dapat ditebak ! Mereka pasti akan memilih merek yang telah dikenal atau yang telah direkomendasikan oleh teman , mungkin juga oleh iklan. Oleh karenanya , para pemasar harus merumuskan sesuatu yang membuat para konsumen terpikat mata dan hatinya pada produk yang dijual. Dalam jangka pendek , hal itu bisa dicapai melalui strategi penjualan seperti direct selling , promosi , beriklan , dan lain – lain . Tetapi biasanya hasil dan dampaknya , pendek . Oleh karena itu , diperlukan sebuah strategi pemasaran yang berdampak lebih panjang . Salah satu strategi itu adalah dengan membangun personal branding

 JENENG DULU , BARU JENANG

Filosoh masyarakat Jawa menyebutkan Jeneng dulu baru Jenang ternyata terbukti.  Dengan sudah memiliki jeneng atau nama atau personal branding yang kuat moka jenang atau kue atau keuntungan seperti mendapat customer banyak dan capaian target terpenuhi pasti akan mengikuti Jika jeneng ‘ sudah didapat , akan terjadi War of Mouth ( WoM ) atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah gethok tular Apa yang ada di benak kita kalau diminta menyebut merek deterjen , air mineral , fried chicken , sabun mandi , dan sepeda motor ? Pasti mayoritas masyarakat kita akan menjawab dengan Rinso , Aqua , KFC , Lux , dan Honda , meskipun mereknya jelas tertulis berbeda dengan yang mereka sebutkan.

Baca Juga : Ini Dia Strategi Dalam Membangung Citra ( Branding )

Dalam hal ini tidak ada yang perlu disalahkan karena company branding yang sudah melekat di masyarakat selama ini adalah merek – merek tersebut . Hal itu terbentuk karena Marketing is not the battle of product but the battle of perception Jika sudah memperoleh company branding atau personal branding , maka customer atau user akan dengan kesadaran membantu promosi produk kita , sebut saja Continue Marketing.

MARKETING IS AN EXPERIENCE

Apabila pelanggan mendapatkan sesuatu yang berbeda dan nyeleneh , tentu hal itu akan memiliki kesan tersendiri. Misalnya di Hotel Arianto , pernah menjemput tamu dengan motor trail atau tamu diberi kesempatan membuat minumannya sendiri di bar sesuai seleranya. Dari pengalaman yang berbeda tersebut , mereka akan bercerita kepada kawan kawannya mengenai servis yang berbeda di Hotel Arianto. Gebrakan – gebrakan marketing yang nyeleneh. Bahkan dibilang paling narsis pun dilakukan demi meraih capaian hotel , sampai saya mendapat julukan GM Gila. Saya tidak pernah mempermasalahkan julukan tersebut , yang penting gaya narsis tersebut mampu menggerakkan popularitas Hotel Arianto dari OCC ( occupancy ) 34 % menjadi 73 % dalam kurun waktu satu tahun. Ros Hotel dari hotel kelas melati menjadi jujugan ( tempat tujuan ) orang yang mengadakan rapat di Bantul. Popularitas Ros juga mampu menyaingi hotel besar di sekitarnya .

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Demikian pula yang terjadi di Hotel Harison, terjadi peningkatan rangking dari urutan 15 dari 17 hotel yang ada waktu itu. Menjadi rangking 3 besar dalam kurun waktu dua tahun Gebrakan marketing nya juga mampu mengubah Mandland. Mandland dari hotel tanpa operator menjadi hotel yang dikunjungi dan menjadi tempat penyelenggaraan MICE Gaya narsis yang nyeleneh tersebut terus saya pertahankan hingga sekarang , saat mengelola hotel di Semarang , baik Hotel Harison maupun Star Hotel & Apartment Yogjakarta. Seperti saat menyambut bulan suci Ramadhan manajemen Star Hotel Apartment. Melarung maksiat dengan cara melakukan ritual larung setan – setan secara simbolis di kolam renang hotel yang berada di lantai roof.

Menaikan Okupasi Hotel

Demikian pula untuk menaikkan okupansi atau tingkat hunian hotel. Bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan film yang sedang populer saat itu dengan membuat poster yang menarik dan membuat penasaran . Misalnya yang pernah dilakukan Manajemen Star Hotel & Apartemen Semarang pada 2016 yakni memanfaatkan film Civil War ataupun Superman Vs Batman ( Down of Justice ) dengan menempatkan salah satu karakter orang hotel untuk berpromosi hotelnya pada sang superhero.

Sumber : Benk Mintosh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: