Cara Mudah Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Media Sosial

Cara Mudah Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Media Sosial

BAHASA = KEKUATAN

Cara Mudah Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Media Sosial – Beberapa tahun belakangan ini media sosial menjadi salah satu kebutuhan masyarakat baik kalangan muda macon tua. Salah satu surve menyebutkan bahwa masyarakat menggunakan internet. Media sosial dapat memberikan dampak postid dan negatif terhadap para penggunanya. Para pekerja muda pun biasa mengakses media sosial berupa Facebook , Twitter , Linkedin , Instagram , Facebook , Twitter , Path , dan lainnya untuk mendokumentasikan perjalanan mereka. Berkomunikasi dengan teman atau rekan kerja atau bahkan rekan bisnis , serta mengakses informasi

BERGAUL DENGAN MEDIA SOSIAL

 Media sosial seharusnya bisa dijadikan sumber informasi , wadah dokumentasi dan tempat berkomunikasi atas sebuah isu atau persoalan yang penting misalnya tentang tingginya kematian bayi , HIV Aids , dan lain – lain. Namun dalam kenyataannya , media sosial justru sering dimanfaatkan sebagai wadah untuk curhat , melampiaskan kekesalan atau eksistensi diri sehingga media sosial kemudian hanya berisi ‘ sampah ‘. Bahasa yang digunakan di media sosial seharusnya menggunakan etika . Berikut tip aman bergaul dengan media sosial Jangan jadikan media sosial sebagai tempat mengeluh Kesalahan pengguna media sosial saat ini adalah mengganggap media sosial sebagai tempat curhat dan tempat menyelesaikan masalah. Saya telah mengamati aktivitas teman – teman saya di dunia maya khususnya pengguna Facebook , ternyata mereka lebih dominan menulisi kronologi mereka dengan berbagai curhatan tidak jelas.

Baca Juga : Ini Dia Strategi Dalam Membangung Citra ( Branding )

Ternyata , setelah mereka menulis hal demikian , mereka juga tidak menemukan solusi atas masalah mereka . Sebaik – baik tempat curhat adalah benda hidup yang dapat diajak berkomunikasi , bukan benda mati seperti Facebook , Tweet , Instagram , dan Path Kenali siapa yang ada di lingkungan Anda Media sosial memungkinkan Anda dapat memperoleh kebebasan untuk berbicara , bahkan yang pendiam sekalipun akan sangat mudah untuk mengoceh di media sosial . Siapapun berhak menyampaikan pendapat Tetapi , ingat dan perhatikanlah orang – orang yang ada di lingkungan dunia maya Anda Jangan sampai ada adik Anda yang umumnya masih belum dewasa membaca status Anda yang kurang baik.  Dan jangan sekali – kali menggunakan media sosial sebagai ajang penyebaran berita bohong , ini hanya akan berdampak buruk pada diri Anda sendiri dan orang di sekitar Anda. Tidak sembarang mem – follow orang asing Pengguna Twitter akan terlihat keren dan populer bila memiliki banyak follower dan telah mem – follow banyak orang.

Jangan asal Follow Orang Tidak Dikenal

Walau demikian , jangan sembarangan  follow orang yang tidak dikenal sebab bisa saja Anda akan dimanfaatkan untuk hal – hal negatif di kemudian hari. Follow teman – teman Anda maupun orang yang memang diketahui memiliki pribadi yang baik. Lakukan komunikasi yang sebenarnya Facebook memang berperan untuk mempertemukan teman – teman lama atau keluarga yang terpisah oleh jarak , tetapi bukan satu – satunya tempat untuk berkomunikasi. Mantan pengguna Facebook , Lauren Perry , mengatakan bahwa sebaiknya Facebook digunakan hanya sebagai perantara , la menyarankan untuk mulai bertukar nomor telepon atau email pribadi melalui Facebook dan lakukan komunikasi yang sebenarnya. Jangan mengunggah foto pribadi diri sendiri maupun orang lain khususnya di Twitter. Kebebasan yang diterapkan oleh Twitter membuat siapa saja dapat melihat tweet orang lain walaupun tidak saling mem – follow. Oleh karena itu , jangan sekali kali mengunggah foto pribadi dan rahasia Anda di Twitter .

Jangan Mengunggah Foto Pribadi Di Medsos

Jika foto pribadi tidak boleh maka jangan pula mengunggah foto pribadi orang lain karena bila Anda mengunggah foto tersebut dalam hitungan menit foto itu sudah tersebar ke seluruh dunia . Tidak bersaing memiliki banyak teman Banyak orang yang merasa bangga saat teman Facebook – nya mencapai ribuan orang . Antropolog dan psikolog Robin Dunbar mengatakan bahwa otak manusia memiliki kapasitas yang terbatas untuk memproses koneksi interpersonal yang diberikan oleh jaringan sosial . Menurutnya , hanya 148 orang yang dapat diterima baik oleh otak Media sosial bukanlah tempat sampah Sedikit – sedikit update , sedikit – sedikit curhat. Media sosial bukanlah tempat sampah yang bisa Anda gunakan untuk membuang penat yang Anda tanggung. Tidak semua yang Anda bicarakan di media sosial disenangi teman media sosial Anda. Yakinlah bahwa status Anda di media sosial kelak akan mempermalukan Anda sendiri.  Jadikan media sosial sebagai microblogging untuk berbagi informasi dan motivasi.

Jangan Memasukkan Info Pribadi

Jangan memasukkan keterangan pribadi secara detail. Memasukkan keterangan pribadi di dalam akun Twitter berarti mempromosikan diri secara langsung Di lain waktu hal ini dapat menjebak . Lihatlah mereka yang telah eksis di Twitter ternyata orang yang awalnya menutup dirinya agar tak diketahui orang lain . Jadi keterangan tempat tinggal , nomer ponsel , dan asal sekolah sebaiknya tidak dicantumkan dalam identitas diri kita di akun Twitter. Berhentilah menggunakan Facebook saat mulai berpikir negatif. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengatakan bahwa orang yang aktif di media sosial memiliki kecemburuan. Rasa frustrasi dan ketidakpuasan terhadap diri sendiri yang jauh lebih tinggi . Jadi sebaiknya jika Anda melihat hal – hal yang menimbulkan emosi negatif , segeralah tutup media sosial Anda dan lakukan hal – hal yang lebih positif.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Sebaiknya ngetweet hal – hal yang bermanfaat buat siapa saja. Memanfaatkan Twitter dengan bijak adalah dengan ngetweet hal – hal yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Hanya orang gila yang tidak menyukai hal hal baik . Mereka yang sukses menjadi terkenal di Twitter karena telah membagikan hal baik kepada orang lain. Jangan terlibat perdebatan yang tidak penting. Berbagai status yang diunggah di Facebook akan menimbulkan berbagai komentar dan tanggapan dari banyak orang. Beberapa di antaranya memberikan komentar secara sehat , sedang yang lainnya tidak. Itu sebabnya , pengguna diminta untuk menuliskan hal hal yang lebih bijak di Facebook. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 mengungkap bahwa Facebook merupakan sebuah platform yang efektif untuk melakukan perdebatan. Bagai sebilah pisau , media sosial selain memiliki sisi positif , pasti ada sisi negatif . Jadikanlah media sosial untuk hal – hal yang baik dan gunakanlah dengan bijak .

BROADCAST MESSAGE

Melakukan promosi terhadap aktivitas maupun produk yang akan kita lakukan saat ini sangat efektif melalui broadcast message. Hal ini juga bisa di – share kepada teman – teman media massa , agar lebih efektif dan menepis kesan formal. Tentu saja tidak asal melakukan broadcast message semau gue pilihlah bahasa yang mudah diterima oleh komunitas. Meskipun acapkali menggunakan bahasa yang sedikit nyeleneh dan gaul agar lebih mudah diterima dan friendly. Misalnya menggunakan istilah yang familiar seperti Bro , Sob , Dab , Mak , Cyint , Beib , Brada , ista , maupun Gais . Penggunaan bahasa yang kaku atau formal pada broadcast message sering justru tidak cepat direspons karena kurang menarik untuk dibaca .

Buat Sesuatu Yang Mudah Diingat

Intinya Anda bisa membuat sesuatu yang gampang diingat , misalnya dengan membuat iklan. Bertuliskan Kamar Rp 15 juta / malam untuk paket menjelang Valentine ‘ s day. Hal ini pasti memancing perhatian pengunjung untuk bertanya atau minimal membaca kalimat iklan selanjutnya. Dan diharapkan mencari informasi lebih lanjut dengan menghubungi pihak hotel. Sebaiknya jangan hanya terjebak broadcast message yang selama ini datar dan biasa dilakukan orang. Buatlah dengan bahasa yang memiliki ciri khas sendiri yang unik atau nyeleneh , sehingga muncul branding atau nilai tersendiri . Berikut salah satu contoh broadcast message yang dilakukan untuk memasarkan sebuah produk.

Sumber : Benk Mintosih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: