Ini Dia Cara Merawat Tangan Yang Kasar Dan Kering

Ini Dia Cara Merawat Tangan Yang Kasar Dan Kering

MERAWAT TANGAN.

Ini Dia Cara Merawat Tangan Yang Kasar Dan Kering – Memanjakan tangan tak kalah pentingnya dengan perawatan kuku, agar seputar tangan Anda seperti jari, tangan dan siku tak tampak kasar dan kering. Lakukan langkah-langkah berikut sckali scminggu di samping perawatan kuku Anda

  • Gunakan susu pembersih atau sabun untuk mcncuci jari, tangan hingga batas bahu dan leher.
  • Kcmudian cuci dengan air hangat kuku.
  • Gosok perlahan dengan menggu- nakan sikat khusus yang lembut.
  • Kemudian lakukan dengan mengurut berputar, dimulai dari jari tangan hingga pergelangan bahu.

Hal ini dimaksudkan untuk melancarkan peredaran darah. lalu scka dengan spon atau handuk yang dibasahi dengan air hangat. Langkah berikut bubuhkan tonik penyegar yang tidak mengandung alkohol. Setclah kering lakukan pengurutan ulang dengan menggunakan krem khusus untuk tangan. Bubuhkan masker, sebaiknya gunakan masker bubuk yang pemakaiannya dicampur dengan air.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Hindari penggunaan masker berbentuk gel, karena bila diangkat sctelah mengering akan mencabut bulu-bulu halus di kulit tangan dan menimbulkan rasa sakit.

  • Bubuhkan masker tersebut pada jari, tangan hingga bahu sccara mcrata untuk mengencangkan pori-pori dan memperlembut kulit.
  • Angkat masker dengan busa atau handuk hangat
  • lalu keringkan Langkah akhir adalah membu- buhkan krem (hand & body lotion) ringan agar kulit segar, halus, dan lembut.
  • Sclamatkan kelembutan tangan dengan mengenakan sarung tangan karet selama melakukan pekerjaan kasar.

Jika tangan terasa kasar, kering atau pecah-pecah, cobalah tips berikut untuk membuatnya lebih nyaman.

  1. Hindari sabun dengan formula keras.

Hindari sabun yang memiliki kandungan wewangian sintetis, pengawet, dan sulfat, karena akan membuat kulit terasa kering.

Sabun dengan banyak busa dan memiliki kandungan antibakteri juga cenderung menghilangkan minyak dan lemak alami dari kulit.

Alih-alih sabun, coba gunakan pelembab pembersih (moisturizing cleanser) dan pastikan membilasnya hingga bersih setelah memakainya.

  1. Menjaga tangan selalu lembab.

Setelah mencuci tangan, pastikan untuk melembabkan tangan Anda. Bawalah selalu pelembab bersama Anda.

  1. Hindari pengering udara panas.

Di berbagai toilet umum biasanya terdapat alat yang disebut hot-air dryers (pengering udara panas) untuk mengeringkan tangan yang basah.

Hindari menggunakan alat tersebut. Untuk mengeringkan tangan, cukup gunakan tisu untuk kemudian mengoleskan pelembab.

  1. Memakai sarung tangan.

Memakai sarung tangan bisa dilakukan untuk mencegah kulit tangan menjadi kering.

Saat berkebun atau mencucui piring, gunakan sarung tangan untuk membantu melindungi tangan dari kerusakan.

  1. Melakukan eksfoliasi.

Ini Dia Cara Merawat. Kita mungkin telah terbiasa melakukan eksfoliasi (pengelupasan kulit mati) pada wajah, tapi mungkin sering mengabaikan tangan. Kenyataannya, kulit pada tangan -terutama punggung tangan- bahkan lebih tipis dan rentan terhadap kerusakan dibanding beberapa area wajah. Eksfoliasi membantu menyingkirkan kulit kering dan sel-sel kulit mati sehingga membuatnya lebih sehat dan bersinar. Jika kulit sangat kering dan kapalan, Anda bisa mencoba menggosoknya dengan batu apung setelah mandi.Eksfoliasi bisa dilakukan pula dengan menggunakan scrub buatan sendiri. Campurkan 1-2 sendok makan gula pasir dengan sedikit minyak zaitun, dan gunakan untuk menggososk tangan.Eksfoliasi bisa dilakukan 1-4 kali seminggu, tergantung pada kebutuhan, dan selalu aplikasikan pelembab (lotion) setelahnya.

Baca Juga : Ini Dia Makanan Yang Dibuhkan Rambut Dan Kulit Kepala

  1. Memakai sarung tangan saat tidur.

Kulit tangan yang terlalu kering memerlukan upaya pelembab (moisturization) serius.Sebelum tidur malam, oleskan pelembab super tebal kemudian kenakan sarung tangan katun atau kaus kaki wol. Anda juga bisa menggunakan kantong plastik sebagai sarung tangan. Biarkan pelembab semalaman dan cuci bersih di pagi hari.

  1. Gunakan humidifier.

Ini Dia Cara Merawat. Pada musim yang benar-benar kering, menggunakan humidifier dalam ruangan bisa menjadi penyelamat bagi kulit tangan yang kering. Tempatkan humidifier terutama di kamar tidur dimana Anda menghabiskan waktu semalaman.

  1. Menggunakan lidah buaya.

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki kemampuan penyembuhan luka dan mampu memberikan kelembaban dengan baik.

Saat tangan terbakar matahari, pecah-pecah, atau mengalami perdarahan, gunakan lidah buaya agar penyembuhan berlangsung lebih cepat.

  1. Mandi oat.

Ini Dia Cara Merawat. Dalam kondisi mentah atau dimasak, oat memiliki kemampuan menyembuhkan tangan kering dan pecah-pecah. Tambahkan oat dalam air mandi atau mencampurnya dengan beberapa tetes minyak zaitun atau jojoba dalam baskom. Rendam tangan di dalamnya selama 10-15 menit.

  1. Minyak kelapa murni.

Minyak kelapa efektif digunakan untuk melembabkan kulit karena memiliki kombinasi unik kandungan asam lemak. Oleskan minyak kelapa langsung ke kulit. Pakai sarung tangan untuk hasil terbaik.

Sumber : Edi Sigar Dan Ernawati

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: