Ini Dia Cara Pintar Mengelola Hotel Agar Ramai Pengunjung

Ini Dia Cara Pintar Mengelola Hotel Agar Ramai Pengunjung

JUMP OF THE BOX BINGID

Ini Dia Cara Pintar Mengelola Hotel Agar Ramai Pengunjung – Hal terpenting untuk mengelola sebuah hotel sebenarnya adalah pintar membaca dan menangkap peluang yang ada. Tentu saja harus pintar membaca peluang yang tidak terpikirkan orang Contoh , parly tidak harus dilakukan di bar – bar di hotel . Party bisa dilakukan di ballroom , seperti yang pernah saya lakukan di Hotel Arianto. Selama ini orang terjebak pada ruang , padahal party bisa dilakukan di mana saja termasuk menyulap ballroom menjadi bar yang superluas. Sesuatu yang tidak biasa ini justru menarik banyak orang datang untuk menikmati party. Partygoers yang datang setiap pekan justru dari luar kota . Bagaimana menangkap peluang ? Lakukan sesuatu yang tidak dilakukan banyak orang. Misalnya untuk menyambut bulan Ramadhan , manajemen Hotel Harison Semarang mengadakan pawai mengelilingi Simpang Lima dengan mengarak setan – setan Harison sambil membawa poster bertuliskan Penjarakan Nafsu Setan Selama Bulan Puasa.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Pawai tersebut otomatis memacetkan jalan di sekitar Simpang Lima Semarang. Semua orang yang melewati Simpang Lima penasaran dan sebagian besar memilih menghentikan kendaraan mereka. Mereka Penasaran karena pawai setan – setan Horison itu berakhir di hotel. Saat itu kami promosikan agenda hotel menjelang bulan Ramadhan. Termasuk paket menu buka puasa. Menangkap peluang denganĀ  ini juga bisa mendongkrak tingkat okupansi hotel. Di Hotel Harison Semarang misalnya , perhatian sebagian besar warga Semarang tertuju pada aksi orang berpakaian wayang yang sedang mengecat dinding luar lantai 15 hotel tersebut sambil menyanyikan lagu berbahasa Jawa ( ura ura ) . Pertama , ingin memberitahu orang kalau ada pengecatan di lantai 15 Hotel Harison . Kedua , ikut nguri – uri ( melestarikan ) budaya Jawa. Cara tersebut sangat efektif karena bisa menarik perhatian orang untuk datang ke hotel dari sekadar nongkrong minum kopi bersama komunitasnya hingga menaikkan rangking okupansi hotel dari rangking 16 ke rangking 3 besar di Semarang selama delapan bulan .

MEMBUAT SESUATU YANG GENUINE

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanjakan tamu atau membuat tamu merasa diuwongke . Salah satunya dengan menyapa tamu dengan ramah , tidak dibuat – buat Lebih – lebih jika menyebutkan nama panggilan tamu tersebut , sehingga tamu pun merasa lebih nyaman dan dekat Menyapa tamu dengan mengucapkan Selamat pagi . Ibu Diana , apa kabar ? akan terkesan lebih friendly dan natural daripada mengucapkan Selamat pagi , Kakak Pengucapan Selamat pagi , Kakak yang dilakukan berulang – ulang kepada semua tamu hotel dengan nada yang datar , membuat tamu kurang berkesan . Seperti menelan chips Selamat Pagi Kakak dengan nada datar tanpa ekspresi Tamu merasa tidak dikenal sehingga tidak mungkin akan kembali lagi ke hotel. Misalnya memberi kejutan pada tamu , General Manager tiba – tiba berpakaian waiter dan mengantar kudapan sore ke tamu .

Memperkenalkan Diri

Saat mengantar , bisa memperkenalkan diri sebagai GM hotel . Contoh percakapan sederhana , Sore, Bapak Dani , saya Bambang , GM hotel ini, Pak. Kami ada kudapan sore untuk Bapak Dani. Selamat menikmati dan selamat beristirahat, Pak. Rasa bangganya itu muncul karena mereka merasa diuwongke. Orang Jawa kan sukanya dipangku , dihormati. Servis jika dilakukan secara genuine maka brand ” NGEDAN ” Menangkap peluang juga bisa dengan melakukan sesuatu yang edan atau menjalankan ide – ide gila . Ungkapan lebih tepat adalah waras ning edan , artinya hal tersebut disengaja , dilakukan dengan kesadaran dengan muatan muatan untuk membuat orang menoleh atau orang tertarik . Ada dua hukum menjalankan usaha.

APA ITU STRATEGI OUT OF THE BOX ?

Agar musuh sulit mengejar kita , maka muncullah ide kreatif , yang dalam dunia manajemen disebut sebagai Strategi out of the box atau bahkan jump of the box Out of the box , yang diterjemahkan sebagai ‘ keluar dari kotak ‘ , dalam strategi marketing adalah sebuah konsep pemasaran yang keluar dari aturan baku . Contoh out of the box :

  • Promosi umum diskon 50 % , promosi out of the box diskon hingga 90 %
  • Lion Air membuat harga tiket pesawat Jogja – Jakarta seharga Rp 85 . 000
  • Horison Hotel menjual harga kamar Rp. 17.850 hanya 17 kamar
  • Rown Division midnight sale
  • Dagadu Awas Dagadu Asli
  • Arianto Hotel Makan Minum Dapat Mobil Strategi out of the box saja belum cukup .

Baca Juga : Ini Dia Strategi Dalam Membangung Citra ( Branding )

Pemasar perlu menjaga dan mempertahankan eksistensi perusahaan , tempatnya bernaung , sehingga muncul strategi jump of the box untuk dapat tampil narsis . Ada dua cara yang bisa dilakukan , yaitu ATP ( Amati , Tiru , Praktikkan ) dan ATM ( Amati , Tiru , Modifikasi ) . Jika sama sekali tidak ada gagasan , lakukanlah ATP , seperti mengadakan fashion show di sela dinner atau lunch . Atau , lakukan ATM seperti menggelar nonton bareng sepakbola di ballroom atau kolam renang dengan game yang interaktif bagi tamu Berikut beberapa contoh strategi yang pernah dilakukan untuk menjaga eksistensi hotel di Solo , Semarang , dan Yogyakarta .

Sumber : Benk Mintosih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: