Ini Dia Potensi Pengembangan Bisnis Anda Dengan SOP

Ini Dia Potensi Pengembangan Bisnis Anda Dengan SOP

Potensi Pengembangan Bisnis dengan SOP

Ini Dia Potensi Pengembangan Bisnis Anda Dengan SOP – Sebagaimana sudah diuraikan , SOP adalah hat dan rahasia dagang kita . Jika dimanfaatkan dengan baik hat dan rahasia dagang ini bisa mendatangkan kekayaan yang biasa . Sayang sekali , selama ini kita sering mengabaikannya k selalu mengabaikan Hak Atas Kekayaan Intelektual ( HAKI ) sebenarnya bisa kita miliki dengan mudah karena kita memili bakat untuk itu . Sering kali yang ada di kepala kita hanyalah terus bekerja keras demi orang lain . Makanya tidak heran jika ada orang lain yang kaya raya sementara kita makin sengsara . Kita tidak sadar bahwa kita sering membuatkan HAKI bagi orang lain dan dialah yang menikmati royaltinya . Jika selama ini kita beranggapan bahwa semua usaha bisa dikembangkan , maka anggapan itulah yang menyesatkan kita .

Tidak Semua Bisa Dikembangkan

Tidak semua usaha bisa dikembangkan ! Setiap membuat sebuah usaha , angan – angan kita melambung setinggi langit . Kita tidak sadar bahwa kita justru terjebak pada angan – angan itu saja . Usaha kita belum tentu melambung setinggi angan – angan kita. Mengapa demikian ? Sebab angan – angan kita itu adalah alam ideal. Semuanya serba indah. Sedangkan usaha kita itu terletak di alam nyata . Semuanya bisa indah atau buruk tergantung cara kita memperlakukannya . Jika kita mampu menyusun SOP dan mengaplikasikan / mene . rapkan dengan baik , kualitas usaha kita pasti makin meningkat . Usaha kita menjadi teratur , rapi , efisien , dan berdaya saing tinggi . Nah , usaha – usaha seperti inilah yang memiliki kesempatan atau potensi untuk dikembangkan . Tiga Syarat Utama Usaha yang Berpotensi Dikembangkan Usaha yang bisa berkembang atau dikembangkan setidaknya harus memenuhi tiga syarat utama , antara lain :

  • usahanya berbeda dibandingkan jenis usaha lain yang sudah ada
  • Pengelolaannya menggunakan sarana modem , yakni sistem bisnis yang sudah teruji , bukan one man show .
  • Pengelola atau pemiliknya memiliki visi dan misi jauh ke depan dan mampu menerjemahkan visi dan misi itu dalam tindakan sehari – hari .

Saat membaca ketiga syarat itu mungkin Anda mengira bah wa semuanya bisa diraih dengan mudah. Ternyata tidak. Dari apa yang pernah saya alami sendiri , realisasinya luar biasa susah. Coba saja lihat syarat pertama , Usaha yang berpotensi untuk dikembangkan adalah usaha yang memiliki ciri khas atau karakteristik khusus.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Sekarang kita lihat syarat kedua :

  • pengelolaannya mengguna kan sistem bisnis modern . Di sinilah peran SOP diuji .
  • Bisnis tanpa SOP tidak akan memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif bila dibandingkan bisnis yang sejenis .

Jika Anda memiliki usaha yang memiliki ciri khas dan karakteristik khusus tetapi kemudian banyak pula orang yang membuat usaha sejenis bagaimana cara Anda memenangkan persaingan ? Satu – satunya cara adalah membuat sistem bisnis yang membuat bisnis Anda unggul . Saya sudah mengungkapkan berkali – kali bahwa SOP itu berperan sebagai tulang punggung usaha kita . Logikanya sederhana . Usaha milik para follower itu biasanya belum tersistem dengan baik , karena follower biasanya meniru produknya . Nah , saat mereka masih terfokus pada produk , pasti pengelolaannya masih one man show atau ala kadarnya . Kita harus selangkah lebih maju dengan menggunakan sistem bisnis . Sistem bisnis inilah yang akan menarik minat banyak investor untuk bekerja sama dengan kita . Jadi , perbaiki sistemnya , sempurnakan pengelolaan bisnisnya , dan genjotlah investasinya . Dijamin usaha kita lebih kompetitif . Jika kita memiliki produk yang baik , pengelolaan yang sehat , dan dana yang banyak yang bisa kita pakai semaunya untuk mengembangkan usaha , apa yang bisa dilakukan oleh follower kita ?

Baca Juga : Ini Dia Mindset Agar Mempunyai Banyak Reseller, Simak yaa

Para follower mustahil bisa mengejar kecuali mereka betul – betul mampu membuat sistem pengelolaan mereka dibandingkan bisnis kita . Yang lebih baik dan membuat investor lebih tertarik kepada Jika demikian , jangan sepelekan pengelolaan usaha . Jangan mengelola usaha sendirian . Jangan mengelola usaha dengan keluarga , tetapi kelolalah usaha dengan orang – orang yang memiliki kompetensi di bidangnya . Tugas Anda adalah melahirkan sistem yang membuat orang – orang yang berkompeten ini tetap di jalurnya sesuai keinginan Anda .

syarat ketiga :

Kita harus memiliki visi dan misi jauh ke depan dan menerjemahkan visi dan misi itu dalam tindakan sehari – hari . Ini tidak semudah yang dibayangkan . Kita mempunyai visi supaya perusahaan kita menjadi penguasa pasar untuk produk produk yang kita jual . Bagaimana cara menerjemahkan visi dan misi itu dalam tindakan sehari – sehari ? Itu berarti setiap hari kita se tidaknya harus mampu membuat satu toko yang menjual produk kita paling banyak dibandingkan produk lain yang sejenis . Jika kita konsisten , maka dalam setahun kita memiliki 365 toko yang menjual produk kita lebih banyak dibandingkan produk lain . Bayangkan jika itu berlangsung selama 10 tahun ! Saat itulah kita akan menjadi raja pasar atas produk – produk kita . Pertanyaannya : Sanggupkah kita melalui proses selama 10 tahun ?

Visi dan misi sudah benar , tetapi kita tidak mampu melalui prosesnya yang luar biasa melelahkan Sampai di sini , kita sudah paham bahwa usaha yang dikelola dengan baik dan memiliki sistem bisnis yang memadai berpotensi untuk dikembangkan menjadi usaha besar . Bagaimana caranya ? Yang saat ini lazim dilakukan adalah 3 cara berikut:

1 . Menjual Bisnis dengan Sistem Franchise

2 . Menjual Peluang Bisnis ( Business Opportunity )

3 . Menjual Konsep Bisnis

Sumber : Suryono Ekotama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: