Ini Dia Prosedur Mengantarkan Pesanan Pelanggan dan Transaksinya

Ini Dia Prosedur Mengantarkan Pesanan Pelanggan dan Transaksinya

Prosedur Mengantarkan Pesanan Pelanggan & Transaksinya

  1. Ini Dia Prosedur Mengantarkan Pesanan Pelanggan dan Transaksinya – Pelanggan memesan Bakso Swalayan melalui telepon / datang langsung ke gerai . Penerima pesanan adalah super visori penyaji 1 / penyaji 2 . Yang perlu ditanyakan jumlah porsi , menu per porsi , konfirmasi harga , pembayaran , dan konfirmasi waktu pengantaran .
  2. Setelah pelanggan menyetujui harga dan pembayaran serta waktu pengantaran , penyaji 1 / penyaji 2 membuatkan pesanan tersebut .
  3. Setelah itu supervisor / penyaji 1 mem buatkan nota pembayaran sesuai jumlah pesanan . Pengantaran dilakukan oleh penyaji 2 atau pesuruh sekali gus transaksi pembayaran .
  4. Saat bertemu pelanggan , dijelas kan jumlah porsi , menu per porsi , dan jumlah harga yang harus dibayar . Penyaji 2 atau pesuruh memastikan bahwa jumlah pembayaran sama dengan harga yang tertulis di nota .
  5. Setelah pembayaran selesai dilakukan , penyaji 21 pesuruh memberikan nota asli kepada pelanggan sebagai bukti pelunasan pembayaran dan minta tanda tangan se bagai bukti tanda terima di nota tersebut
  6. Penyaji 2 / pesuruh kembali ke gerai dan melaporkan tran saksi kepada supervisor / penyaji 1 . Laporan ini disertai penyerahan uang hasil transaksi dan nota salinan bukti transaksi .

Personal in Charge :

1 . Supervisor

2 . Penyaji 1

3 . Penyaji 2

4 . Pesuruh

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Prosedur Membersihkan Peralatan Makan

a . Peralatan makan kotor yang akan dicuci harus terlebih dulu dibilas dengan air bersih .

b . Setelah dibilas dengan air bersih lalu dicuci dengan sabun cuci yang direkomendasikan principal .

c . Setelah itu dibilas lagi menggunakan air bersih sampai terasa tidak licin dan tidak bau sabun .

d . Tiriskan di rak yang sudah disediakan .

e . Lap sampai bersih dan tempatkan di meja saji maupun meja makan sesuai kebutuhan .

Personal in Charge :

Pesuruh . Jika pesuruh tidak ada , dapat digantikan penyaji 2 .

Prosedur Membersihkan Toilet & Dapur

Pekerjaan ini dilakukan rutin stidaknya 2 jam sekali, makanya potensi kotornya yang sangat tinggi. Tujuannya adala untuk menunjang kesehatan dan kenyam lakukan rutin setidaknya 2 jam sekali karena ang sangat tinggi , yakni pada pukul 10:00 , 18.00 , 20:00 , dan terakhir pukul 22,00 Tujuannya adalah mewujudkan kebersihan niang kesehatan dan kenyamanan pelanggan :

  1. bersihan dapur . Dapur harus bebas sampah , bebas bau tidak sedap , bebas lalat , bebas genangan air kotor , bebas kotoran yang menempel di peralatan dapur .
  2. Pembersihan toilet . Toilet harus bebas bau tidak sedap . bebas kotoran , tersedia peralatan / perlengkapan toilet yang cukup ( misalnya sabun , tisu , pengharum toilet ) .

Personal in Charge :

Pesuruh

Baca Juga : Ini Dia Mindset Agar Mempunyai Banyak Reseller, Simak yaa

Prosedur Membersihkan Ruangan Gerai

Ruangan gerai harus selalu terlihat bersih , bebas bau tidak sedap , dan bebas lalat . Pembersihan dilakukan tiap saat dibutuhkan , dengan urutan pekerjaan :

a . Pembersihan meja kursi , rutin dilakukan setelah selesai dipergunakan pelanggan . Pembersihan dilakukan dengan cara mengelap meja kursi menggunakan lap dan cairan pembersih khusus antiseptik .

b . Menyapu kotoran yang ada di permukaan lantai . Kotoran kotoran ini disapu sampai bersih , dilakukan secepat mung kin , diusahakan saat gerai sepi untuk menghindari debu yang mengganggu kenyamanan pengunjung .

c . Mengepel lantai untuk menghilangkan kotoran yang menempel di lantai penyebab lengket di alas kaki . Mengepel dilakukan dengan kain pel yang sebelumnya sudah direndam dengan obat pembersih lantai . Pengepelan harus diusahakan cepat kering agar tidak licin. Pengepelan bisa dilakukan bagian di mana terdapat kotoran yang harus dibersihkan .

Personal in Charge :

Pesuruh / penyaji 2

Sumber : Suryono Ekotama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: