Ini Dia Tahapan Dan Perawatan Bayi Tahap 3 Usia 8 Bulan

Ini Dia Tahapan Dan Perawatan Bayi Tahap 3 Usia 8 Bulan

TAHAP 3 MULAI 8 BULAN

Ini Dia Tahapan Dan Perawatan Bayi Tahap 3 Usia 8 BulanDuduk tegak tanpa bantuan – Meraih mainan yang disembunyikan -Mulai berdiri sambil dibantu – Menggabungkan suku kata menyerupai kata Makanan Bayi Dengan Variasi Rasa dan Bertekstur – Memberi variasi rasa yang lezat untuk mem perkaya rasa si kecil . • Mengandung sedikit daging , ikan dan sayur Sayuran untuk membantu si kecil belajar me ngunyah tanpa takut tersedak . Mengajarkan si kecil untuk terbiasa dengan pola makan yang seimbang lewat variasi makanan.

Perkembangan Motorik

Dari segi motorik, pada tahapan perkembangan bayi 8 bulan, si Kecil sudah mulai untuk belajar merangkak. Meski begitu, Ibu tidak perlu khawatir jika bayi belum bisa merangkak, karena tahapan setiap anak berbeda. Beberapa pilihan bayi merangkak adalah mengesot menggunakan bokongnya, merayap menggunakan perut, atau berguling. Dalam beberapa bulan ke depan, bayi akan mulai belajar berdiri sambil berpegangan pada benda di sekitarnya. Untuk itu Ibu perlu mempersiapkan fase ini dengan mengawasi gerakan si Kecil.

Untuk kemampuan tangan

Ia mulai terampil dalam menggunakan jari-jarinya untuk mengambil dan memegang benda. Berhati-hatilah agar ia tidak memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulut atau hidungnya. Selain itu si Kecil juga mulai bisa bertepuk tangan dan menganggukkan kepalanya lho, Bu. Bernyanyilah bersamanya sambil bertepuk tangan dan menggerakkan kepala agar ia semakin mahir melakukannya.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Perkembangan Kognitif

Apakah ia baru senang berulang kali menjatuhkan benda dan mengambilnya atau meminta Ibu mengambilkannya? Jika ya, berarti ia menunjukkan adanya perkembangan kognitif di mana ia memahami konsep sebab dan akibat. Tanda lainnya dari perkembangan bayi 8 bulan di bidang kognitif adalah saat si Kecil melakukan gerakan untuk memecahkan masalah, seperti ia merangkak dan meraih mainan kesukaannya secara bersamaan.

Baca Juga : Ini Dia Perawatan Dan Pekembangan Bayi Tahap 2

Perkembangan Bahasa

Bu, si Kecil sudah mulai senang mengeluarkan suara alias mengoceh? Ini merupakan pertanda bahwa kemampuan bahasanya meningkat, lho. Biasanya suara yang sering dikeluarkan adalah berupa ‘ma-ma’, ‘ba-ba’, atau ‘da-da’. Lucu sekali! Ia juga sudah mulai memahami kalimat yang Ibu ucapkan dengan melakukan gerakan tubuh yang mengisyaratkan respon atas pertanyaan Ibu. Misalnya Ibu bertanya, “Mana Ayah?”, maka ia akan menunjuk ayahnya.

Kenalkan Bahasa Isyarat

Untuk merangsang tahapan perkembangan bayi 8 bulan, Ibu mulai bisa memperkenalkan bahasa isyarat bayi sebagai alat bantu komunikasi terhadap sesuatu yang ia inginkan. Sering-seringlah mengajak si Kecil berbicara supaya kemampuan bahasanya terus meningkat ya, Bu. Cara lainnya adalah dengan membacakan buku cerita dan Ibu pun akan takjub melihat ia tertarik dan mendengarkan cerita yang Ibu bacakan untuknya.

Luangkan Waktumu

Sekarang Ibu sudah mengerti apa itu permanence atau object permanence serta perkembangan bayi 8 bulan lainnya, kan? Yuk, mulai luangkan waktu selama beberapa jam setiap harinya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Stimulasi yang Ibu berikan akan sangat menunjang perkembangannya agar ia menjadi anak yang pintar, kreatif, dan cepat tanggap. Jika masih ada banyak pertanyaan seputar tumbuh kembang buah hati, jangan ragu untuk melakukan konsultasi anak .

Pengucapan yang belum jelas

Anda pasti sering mengganggu bayi berusia kurang lebih 8 bulan dengan menyebutkan bahasa-bahasa aneh seperti “nananana atau papapapa” dan sebagainya. Selain karena mereka akan mengikuti anda, pada usia seperti ini seorang bayi biasanya akan mengeluarkan kata-kata yang berulang-ulang tanpa arti bermakna.

Penglihatan yang baik

Anda tentu mengetahui bahwa penglihatan seorang anak sejak lahir belumlah sempurna 100%, mereka perlu waktu untuk proses pertumbuhan juga perkembangan bola mata untuk melihat dengan baik. Pada usia 8 bulan ini, seorang anak sudah memiliki penglihatan sebaik orang dewasa normal dalam hal kejelasan dan persepsi ruangan. Walaupun penglihatan jarak jauhnya masih lebih sempurna namun penglihatannya mereka sudah cukup baik untuk mengenali orang dan melakukan oreientasi ruangan yang sering ia lihat.

Ikatan emosi

Selain pertumbuhan dan perkembangan fisik seperti yang sudah dijelaskan di atas, seorang anak juga mengalami perkembangan secara psikis atau mental. Perkembangan bayi 8 bulan yang dapat anda lihat secara mental adalah rasa empati terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini ditunjukkan ketika ia melihat seseorang menangis, maka mereka juga akan ikut menangis.

Susah Ditinggal

Ikatan emosional ini juga berlaku pada anda sebagai orang tua terutama seorang ibu khususnya saat anda akan berpisah dan harus meninggalkannya untuk sementara waktu. Pada usia 8 bulan ini, seorang anak mulai susah ditinggalkan sendiri oleh orang tuanya terutama jika ditinggalkan bersama orang lain yang baru dikenal. Jika terjadi kondisi seperti ini, maka sebagai orang tua anda perlu memberi pemahaman guna menenangkan mereka.

Sumber : Hendrati Handini,dkk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: