Ini Dia Tahapan Perkembangan Bayi Usia 12 Sampai 15 Bulan

Ini Dia Tahapan Perkembangan Bayi Usia 12 Sampai 15 Bulan

TAHAP JUNIOR MULAI 12 BULAN

Ini Dia Tahapan Perkembangan Bayi Usia 12 Sampai 15 Bulan– Memberikan mainannya bila diminta ( sudah dapat merespon intruksi sederhana ) . • Mulai berjalan sendiri . . Mulai dapat berkomunikasi , mulai bisa menyebut ‘ mama ‘ – Mulai mempunyai daya ingat . Cepat mempelajari sesuatu . Makanan untuk Pertumbuhan Dasar – Memberikan nutrisi seimbang yang dibu tuhkan si kecil sehari – hari untuk pertum buhan yang optimal . – Mengandung nutrisi terbaik dari Nestle dalam setiap produknya . · Tersedia dalam variasi produk dan olahan yang mendukung ke schatan si kecil setiap Saat

Perkembangan kognitif.

Si Kecil mulai memiliki kemampuan berpikir, belajar, dan mengingat perilaku orang atau kejadian di lingkungannya. Si Kecil juga mulai memahami simbol, mulai meniru, membayangkan, dan bermain pura-pura. Banyaklah berinteraksi dengan anak dengan mengajaknya bermain, seperti role play atau memberikan gambar-gambar yang menarik. Dengan begitu anak bisa mempelajari banyak hal baru.

Perkembangan emosi.

Bentuk perlekatan emosi yang kuat pada balita yang ditandai dengan menangis saat dipisahkan dari orang terdekat. Namun seiring waktu, balita biasanya ingin melakukan aktivitas seorang diri. Ini merupakan tahap awal ia belajar tentang konflik, kebingungan, dan kadang-kadang merusak.

Sering Marah

Tak jarang anak juga akan menunjukkan tantrum saat ia marah. Ibu pun harus memahami situasi tersebut dengan memberinya waktu untuk meluapkan emosinya. Tak perlu mengajaknya berbicara dulu hingga ia mulai mereda. Setelah itu barulah berikan pengertian bahwa tak apa untuk merasa marah, tapi tidak boleh melempar barang, menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Perkembangan Motorik

Memasuki usia 13 bulan, bayi sudah mulai menunjukkan kemampuan untuk berdiri  tanpa bantuan dari Bunda. Keseimbangan yang mulai ditunjukkan bayi ini merupakan bagian dari proses belajar untuk menuju tahap berjalan. Jadi, Bunda tak perlu panik jika si Kecil terjatuh saat kehilangan keseimbangan selama ia tidak terluka.

Bayi pada usia ini juga sudah mulai bisa berjalan.

Bayi biasanya akan mulai berjalan perlahan sambil memegang perabot atau tangan orang tua. Bahkan, sebagian bayi juga sudah bisa berjalan sendiri tanpa dibantu. Meski masih sering terjatuh, semangat dari Bunda akan semakin memotivasinya untuk tak pantang menyerah dan kembali bangkit.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Memegang Objek

Dengan semakin menguatnya kekuatan motorik, bayi juga akan mulai sering memegang berbagai objek, seperti mainan, krayon, atau sendok. Meski belum terlatih menyuapkan makanan sendiri, kemajuan bayi untuk memegang objek atau mencoret-coret kertas dengan krayon harus diapresiasi.

Komunikasi

Melihat si Kecil mulai pandai diajak berinteraksi, tentu menjadi momen yang membahagiakan bagi Bunda. Hal itulah yang akan Bunda temui di usia 13 bulan. Tak hanya mulai bisa memahami instruksi sederhana dari orang tua, bayi di usia ini juga mulai bisa mengucapkan kata-kata pertama yang ia kenali.

Bayi Usia 14 Bulan

Kemampuan berbahasa bayi usia 14 bulan masih tergolong terbatas. Tetapi, jangan remehkan pemahamannya yang kian luas dari hari ke hari. Mereka mulai mampu merespons pertanyaan, perintah, maupun kata-kata singkat. Meski masih dalam bentuk ocehan, respons yang diberikan menunjukkan seolah ia sudah bisa bercakap-cakap.

Gemar Menyanyi

Selain gemar berceloteh, bayi berusia 14 bulan juga umumnya suka menyanyi. Ada baiknya orang tua memberikan mainan musik atau mainan edukatif lainnya untuk meningkatkan pemahaman spatial. Ajak juga si Kecil untuk bermain bersama dan berinteraksi. Hal ini agar si Kecil tahu betapa asyiknya bermain bersama orang lain, sekaligus belajar pentingnya sosialisasi.

Berikut adalah beberapa perkembangan bayi usia 14 bulan:

Perkembangan Motorik

Di usia 14 bulan, aktivitas gerak bayi kian meningkat. Mereka sudah bisa berdiri sendiri, membungkuk, lalu berdiri kembali. Hal hebat lainnya, si Kecil juga akan mulai mencoba memanjat dan menuruni anak tangga, atau bahkan menaiki sofa. Bayi di usia ini juga sudah mulai bisa mengisi wadah dengan objek lain serta minum dari cangkir.

Melambaikan Tangan

Karena kemampuannya dalam berinteraksi dan bersosialisasi sudah mulai terasah, bayi di usia ini juga akan semakin aware dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu perkembangan yang akan tampak adalah ia mulai bisa melambaikan tangan sebagai tanda salam perpisahan.

Baca Juga : Ini Dia Tahapan Dan Perawatan Bayi Tahap 3 Usia 8 Bulan

Komunikasi

Pada usia ini, bayi mengalami peningkatan proses belajar yang cukup pesat. Si Kecil mulai mengenali anggota tubuhnya, dan bisa menyebutkannya dalam bentuk kosakata. Saat menginginkan sesuatu, si Kecil juga sudah bisa menyampaikannya langsung melalui kata-kata.

Bayi Usia 15 Bulan

Pada usia 15 bulan, rata-rata bayi sudah berjalan walaupun masih kurang percaya diri. Ia juga semakin antusias untuk bergerak kesana kemari. Energi dan rasa ingin tahu yang besar menjadikan bayi usia ini cukup sulit untuk diasuh. Butuh stamina dan kesabaran orang tua untuk memperhatikan keselamatan si Kecil setiap waktu.

Perkembangan Motorik

Aktivitas gerak si Kecil di usia 15 bulan menunjukkan peningkatan yang kian pesat. Ia semakin mahir berjalan, bahkan sudah bisa berlarian. Jangan terkejut jika Bunda melihat si Kecil mulai senang bermain bola meskipun dengan kemampuan yang masih terbatas. Si Kecil juga akan aktif menaiki tangga dengan bantuan tangan dan kaki.

Komunikasi

Kosakata yang dimiliki bayi berusia 15 bulan kian beragam. Bayi di usia ini memiliki minimal lima kosakata yang sering diucapkan. Ia juga semakin pandai mengikuti dan merespons instruksi sederhana dari orang-orang di sekitarnya. Membalikkan halaman demi halaman buku pun bukan lagi menjadi hal yang sulit untuknya.

Sumber : Hendrati Handini,dkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: