Optimasi Akun Instagram Untuk Jualan Bagi Pemula

Belajar Jualan di Instagram Untuk Pemula

Optimasi akun Instagram untuk jualan bagi pemula
Optimasi akun Instagram untuk jualan bagi pemula

 

Optimasi Akun Instagram Untuk Jualan Bagi Pemula –   Belakangan ini bisnis online menjamur di hamper semua kalangan. Baik darin skala bisnis raksasa seperti brand brand terkenal sudah memasarkan produknya via online. Tak kalah dengan brand raksasa , banyak anak muda maupun anak muda juga mulai go online. Bukan tanpa sebab tetapi jaman sekarang banyak pembeli melakukan transaksi melalui online. Karena banyaknya factor, seperti praktis dan tidak ribet.

 

Atas dasar itu sekarang bisnis online menjamur. Perputaran uang nya pun tidak main – main. Menurut sumber media bisnis tempo bahwa : Bank Indonesia mencatat, di tahun 2019 ini, jumlah transaksi perdagangan online setiap bulan mencapai rata – rata Rp 13 triliun. Hal ini tak berbeda jauh dengan prediksi McKinsey, menyebut pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat 8x  lipat periode 2017 sampai 2018. Dari total belanja senilai US$8 miliar di 2017, meningkat njadi US$55 miliar hingga US$65 miliar pada 2020.

Potensi yang sangat besar tersebut harus kita manfaatkan. Bila kita punya akun shopee, tokopedia, lazada, bukalapak bias dimanfaatkan untuk jualan. Bahkan jika tidak memiliki akun – akun tersebut pun tidak ada masalah. Masih ada platform lain yang bias dimanfaatkan yakni Instagram. Kenapa memilih Instagram ? Mari kita bahas singkat alasannya.

 

Menurut laporan terbaru dari NapoleonCat, salah satu perusahaan analis Sosial Media Marketing yang berbasis di Warsawa, Polandia. Hingga November 2019, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia dilaporkan telah mencapai 61.610.000. Sekitar 22,6 persen, atau seperempat total penduduk Indonesia, adalah pengguna Instagram. Jumlah tersebut naik dari bulan sebelumnya, yang menyebut total pengguna Instagram di Indonesia sekitar 59.840.000.

Sangat menarik bukan? Nah mari kita bahas sedikit tentang bagaimana memanfaatkan akun Instagram kita untuk jualan. Terutama untuk pemula yang ikut ambil porsi bagian dalam trend bisnis online. Saya saya akan bemebrikan tips singkat untuk pemula cara optimasi Instagram agar efektif umtuk jualan.

 

Baca juga :  Ide Bisnis Kuliner Ricebowl awalnya dijual secara online

Optimasi akun Instagram untuk jualan bagi pemula

Hampir setiap orang mempunyai akun Instagram. Sebagian besar dari kalangan anak muda. Bahkan menurut survey, pengguna Instagram terbesar di Indonesia adalah wanita. Sayang sekali jika akun Instagram kita tidak kita manfaatkan untuk jualan. Saya akan bahas apa itu optimasi. Menurut sumber Wikipedia optimasi adalah :

Optimasi adalah proses untuk mencapai hasil ideal atau optimasi (nilai efektif yang dicapai). Optimasi dapat dimaknai sebagai sbentuk mengoptimalkan sesuatu hal yang sebelumnya sudah ada, ataupun merencanakan dan membuat suatu hal secara optimal.

 

  1. Perhatikan Bio Profile instagram

Agar akun Instagram untuk jualan kita mudah ditemukan, temen – temen pkasih nama akun di profile atau nama user / pengguna kita menggunakan kata kunci. Misalnya temen – teman jualan produk pelangsing badan. Temen – temen bias kasih nama akun temen – teman dengan merk pelangsing badan yang akan dijual. Atau langsung kasih nama pakai kata kunci misal : @Pelangsingaman. Nah seperti itu.

 

Di Profile temen – temen juga cantumkan no HP atau WA yang bisa dihubungi. Agar calon buyer mudah menemukan dan berkomunikasi dengan teman – teman jika ada yang tertarik dengan produk.Di profile Instagram temen – temen juga bisa  kasih deskripsi. Contoh : Tersedia produk pelangsing aman tanpa efek samping.

 

  1. Perhatikan jam waktu posting / Posting yang konsisten.

Posting di IG story atau feed Instagram dengan konsisten settiap hari. Untuk bahan postingan temen – temen harus menyiapkan folder khusus untuk postingan Instagram. Supaya rapi dan terjadwal. Jam posting yang harus dilakukan :

  • Posting di IG story : ( 09.00 Pagi , 12.30 siang , 17.00 sore , 21.00 malam / setiap hari )
  • Posting di feed Instagram ( 09.00 Pagi , 12.30 siang , 17.00 sore , 21.00 malam / setiap hari )

 

 

  1. Follow akun atau bangun teraksi akun yang marketnya sama dengan kita.

Misalnya akun kita tentang kesehatan dan kecantikan. Maka kita follow akun – akun yang hamper sama dengan kita. Kemudia jika akun tersebut posting, kita bisa ikut komen. Supaya ada interaksi dan follower akun tersebut kepo dengan akun kita. Cukup mudah dan harus konsisten.

 

  1. Pakai Hastag yang relevan di tiap postingan kita.

Hastag sangat powerfull sekali. Maka manfaatkan fitur hastag. Pakailah kastag maksimal 20 dengan hastag yang sesuai atau relevan dengan produk kita. Jangan menggunakan hastag lebih dari 30 hastag. Dan jangan menggunakan komposisi hastag yang sama selama 3 hari berturut  – turut. Karena akan dianggap spam oleh Instagram.

 

  1. Bangun Interaksi dengan Follower akun Instagram kita.

Instagram menyukai akun instahram yang aktif. Maka temen – temen harus rajin berinteraksi dengen follower. Caranya mudah, temen – temen bisa poasting sesuatu tentang polling di feed Instagram temen – temen. Atau Bikin Question and Answer agar follower aktif. Kemudian cara lain temen – temen bisa like postingan mereka.

Cukup simple kan? Demikian tips singkat untuk optimasi akun Instagram dari saya. Kuncinya harus konsisten. Semua membutuhkan waktu dan proses. Tetap semangat mencoba dan praktek ya..Bikin Postingan terjadwal. Selamat Mencoba dan sukses ya..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: