Simak Alasan Kenapa Sistem Bisnis Sangat Penting Untuk Usaha Anda

Simak Alasan Kenapa Sistem Bisnis Sangat Penting Untuk Usaha Anda

Keunggulan Usaha Bersistem

Menjadi Magnet , Potensi Untung Lebih Besar

Simak Alasan Kenapa Sistem Bisnis Sangat Penting Untuk Usaha Anda – Siapa yang tidak suka tempat usaha yang bersih dan wangi ? Ditambah transaksi yang mudah . Coba tanyakan kepada diri kita . Kita suka makan di tempat yang jorok atau di tempat yang bersih. Kita suka berbelanja di tempat yang menyulitkan kita mendapatkan barang belanjaan atau di tempat yang memudahkan kita mendapatkan barang belanjaan ? Saya yakin kita akan menjawab lebih suka makan di tempat yang bersih dan higienis . Kita juga lebih suka berbelanja di tempat belanja yang memudahkan kita memperoleh barang . Jika demikian , lantas mengapa kita masih memiliki tempat usaha yang jorok atau menyulitkan pelanggan memperoleh barang yang diinginkan ?

Hukum Magnet Usaha

KFC atau minimarket – minimarket modern telah menjadi magnet bagi diri mereka . Dengan demikian , kita tidak dapat me nyalahkan mereka . Konsumenlah yang datang kepada mereka bukan karena mereka memaksa konsumen berbelanja di tempat usahanya . Coba cermati Hukum Magnet Usaha berikut ini : HUKUM MAGNET USAHA “Barang siapa mampu menyajikan yang terbaik , maka konsumen akan mendatanginya dengan sukarela . Barang siapa tidak sungguh – sungguh menyajikan yang terbaik , maka upayanya memaksa konsumen mendatanginya hanyalah mimpi belaka .”

Jika kita sebagai pribadi yang kompetitif , apa vang kita pikirkan?

Yang kita pikirkan tentu adalah mengubah tempat usaha kita menjadi magnet bagi konsumen . Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendatangkan konsumen ke tempat usahanya . Mulai dari menyebarkan brosur , memberikan voucher hingga memberi diskon besar – besaran . Pernahkah kita berpikir bahwa ini adalah trik lama yang tidak bertahan dalam jangka panjang ?

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Strategi yang dapat bertahan dalam jangka panjang adalah menciptakan sistem

Bagi tempat usaha kita supaya konsumen merasa nyaman dan aman berbelanja di situ . Ini jarang dipikirkan orang . Saya sering mendapati banyak pembaca artikel yang mengeluh kehilangan konsumen dan justru menghamburkan uang dengan memasang iklan besar – besaran . Padahal iklan tidak bisa menjadi magnet konsumen . Magnet konsumen adalah membuat konsumen tergantung pada tempat usaha kita .

Baca Juga : Cara Investasi Emas Di Bank Syariah Dan Pengambilannya

HUKUM DAYA TARIK BISNIS

“Iklan bukanlah magnet yang dapat menarik konsumen untuk berbelanja sepanjang masa konsumen bersedia berbelanja di tempat usaha kita karena tempat usaha itu dan produknya.” Nah , jika kita bicara tempat usaha , satu – satunya cara mempercantik tempat usaha adalah menciptakan sistem operasional yang mempermudah karyawan maupun konsumen melakukan transaksi . Jangan hambur – hamburkan uang untuk memasang iklan yang hanya memenuhi rasa ingin tahu pembaca , tetapi belum tentu dapat membuat konsumen tahu dengan sendirinya . Jika tempat usaha kita sudah mampu menjadi magnet konsumen , konsekuensi logisnya adalah potensi untung lebih besar dibanding jenis usaha konvensional . Jadi , potensi untung akan mengikuti . Jangan pemah mengharapkan keuntungan yang banyak , tetapi kita tidak mampu mengenali dan melalui prosesnya .

Alasan kenapa sistem bisnis sangat penting untuk mengembangkan perusahaan :

  1. Sistem bisnis menciptakan culture

Sebagai tonggak penting dalam membangun perusahaan, sistem bisnis akan menciptakan budaya atau culture kerja yang efektif. Menyisihkan hal-hal yang tidak penting dan menjalankan kegiatan berdasarkan skala prioritas. Sehingga bisnis ini akan berjalan lebih efektif dan efisien.

  1. Sistem yang benar membuat bisnis berjalan baik dengan atau tanpa Anda

Membangun kerajaan bisnis memang tidak mudah, pertama kali mungkin Anda harus terjun di dalamnya dengan jam kerja yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Namun dengan adanya sistem, Anda bisa meninggalkan kerajaan bisnis ini tanpa takut akan runtuh. Hal ini yang menjadi salah satu pertanda bisnis Anda telah matang atau belum.

  1. Menghasilkan produk yang semakin lebih baik

Perjalanan bisnis adalah proses pembelajaran untuk menjadi lebih baik. Terlebih jika Anda telah menerapkan pembentukan sistem bisnis. Sehingga selama perkembangannya akan penuh dengan pemebelajaran di dalam sistem ini dan akan membuat produk dan jalannya bisnis menjadi semakin lebih baik dan lebih matang.

  1. Bisnis siap bersaing dalam jangka panjang

Persaingan bisnis tidak bisa dipungkiri harus dihadapi kapanpun dan dimanapun Anda membangun bisnis. Meski Anda memiliki produk berkualitas dan harga yang murah, belum tentu akan bertahan lama jika sistem di dalamnya tidak dibentuk dengan benar. Apalagi jika Anda tidak bisa menjaga profesionalitas di dalam bisnis Anda sendiri.

Sumber : Suryono Ekotama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: