Tips menghindari penipuan Bisnis Online

Tips menghindari penipuan Bisnis Online
Tips menghindari penipuan Bisnis Online

Tips menghindari penipuan Bisnis Online- Belakangan ini bisnis online menjamur di hampir semua kalangan. Baik dari skala bisnis raksasa seperti brand brand terkenal sudah memasarkan produknya via online. Tak kalah dengan brand raksasa , banyak anak muda maupun anak muda juga mulai go online. Sehingga jual beli online sangat marak terjadi. Bahkan perputaran  uang di dunia online mencapai triliunan rupiah tiap bulan. Mau tidak mau kita harus mengikuti arus perkembangan jaman. J aman sekarang banyak pembeli melakukan transaksi melalui dunia online. Karena banyaknya factor, seperti praktis dan tidak ribet.

Baca Juga : Cara membuat link whatsapp otomatis untuk jualan

Atas dasar itu sekarang bisnis online menjamur. Perputaran uang nya pun tidak main – main. Menurut sumber media bisnis tempo bahwa : Bank Indonesia mencatat, di tahun 2019 ini, jumlah transaksi perdagangan online setiap bulan mencapai rata – rata Rp 13 triliun. Hal ini tak berbeda jauh dengan prediksi McKinsey, menyebut pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat 8x  lipat periode 2017 sampai 2018. Dari total belanja senilai US$8 miliar di 2017, meningkat njadi US$55 miliar hingga US$65 miliar pada 2020.

 

Jadi kita sebagai masyarakat modern harus ikut ambil bagian dalam dunia online. Baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli. Jika kita jadi seller atau penjual, kita harus pelajari strategi marketing dalam bisnis online. Karena Strategi marketing dalam dunia online dan offline tentu berbeda. Akan tetapi kali ini saya tidak akan bahas strategi marketing bisnis online. Justru kali ini yang saya tulis adalah bagaimana kita sebagai pembeli lebih berhati – hati terhadap penipuan bisnis online.

Akan saya bahas secara singkat ya. Ini menurut pengalaman pribadi saya selama berkecimpung dalam bisnis online. Dan juga berdasar pengalaman teman – teman saya. Oke tanpa basa basi akan saya ulas.

Tips menghindari penipuan Bisnis Online

  • Waspada dengan harga yang murah dan terkesan tidak wajar.

Jadi gini, pernahkah kita sebagai pembeli tergiur barang murah. Tentunya pernah ya. Nah apabila kita menemukan barang murah di instagram atau facebook dan murahnya itu dibawaqh standart. Maka kita wajib hati – hati. Karena logikanya mana ada seller mau jual rugi. Dan itu merupakan taktik dari si penipu untuk menarik pembeli agar buyer tertarik dan membeli barang. Tentunya dengan harga yang murah. Hendaknya sebelum kita membeli kita harus cari tau info kisaran harga barang terebut. Dan bagaimana kualitasnya. Karena kualitas mempengaruhi harga.

  • waspada membeli di instagram yang fitur komen nya dikunci atau dibatasi oleh seller

Logikanya seller membatasi kolom komentar karena banyaknya komen jelek yang masuk. Dan itu terjadi pada salah satu saudara saya. Dia membeli barang di instagram. Akan tetapi setelah transfer barang tidak kunjung dikirim. Pas mau komen di kolom komentar eh taunya ditutup kolom komentarnya. Kemudian dihubungi sudah tidak bisa lagi alias diblokir. Wah ngeselin banget ya.

  • Jika seller masih dalam satu kota lebih baik minta COD ( Cash On Delivery)

Cara ini merupakan cara paling ampuh dalam melakukan pembelian online. Cara ini minim penipuan. Karena kita baru bayar setelah barang ada di tangan

  • Pastikan seller punya beberapa rekening dengan nama yang sama

Jadi kita bisa cek apakah seller punya nomer rekening lain dengan nama yang sama. Misalnya rekening BCA, BNI atau BRI dengan nama yang sama. Untuk lebih menyakinkan kalau penjual kredibel. Jika kita minta norek yang berbeda dan ternyata nama pemilik rekening beda, kita wajib waspada.

Oke segitu dulu ya, bahasan kita kali ini. Saya akan sertakan videonya supaya jelas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: