Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Bergaul Dengan Media Massa

Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Bergaul Dengan Media Massa

BERGAUL DENGAN MEDIA MASSA

Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dengan Bergaul Dengan Media Massa – Pada zaman modern sekarang ini , peranan media massa pers ( termasuk radio dan televisi ) yang begitu ampuh dalam penyebarluasan informasi tidak mungkin diabaikan oleh institusi atau perusahaan apa pun. Sifat keserempakan yang menjadi ciri media massa , memungkinkan publik yang jumlahnya ratusan ribu , bahkan jutaan , pada saat yang sama secara bersama – sama memperhatikan suatu pesan yang disampaikan oleh media massa . Karena dikonsumsi oleh massa yang amat heterogen , pers pun mampu membentuk opini khalayak dan menimbulkan citra pihak – pihak yang diberitakannya. Opini dan citra khalayak yang muncul bisa sangat positif , tetapi bisa pula sangat negatif. Citra positif muncul karena isi pesan yang positif sehingga membentuk persepsi positif khalayak , sedangkan citra negatif muncul karena pesan yang muncul pun negatif . Citra dari opini yang muncul tidak dapat diabaikan begitu saja karena opini yang terbentuk bisa berbeda dengan yang ada.

Baca Juga : Ini Dia Strategi Dalam Membangung Citra ( Branding )

Apa yang sudah dibangun dengan baik dapat etika runtuh karena perantaraan media banyak pula pihak – pihak yang diuntungkan dengan berbagai pemberitaan positif dan media massa sehingga pihak – pihak tersebut menjadi populer dikenal sebagai tokoh yang simpatik dermawan , atau perusahaan yang memiliki kepedulian pada lingkungannya Bagaimana bergaul dengan media massa ? Tentu ada caranya gaisss , tidak asal menjejali press release saja Agar menjadi pemenang melalui opini publik maupun publisitas yang diciptakan melalui media massa , setiap institusi atau perusahaan atau hotel perlu memahami bagaimana membina hubungan baik dengan media massa . Public Relations atau humas perlu menguasai seluk beluk media massa perlu memahami prinsip prinsip dan kiat – kiat berhubungan dengan media massa.

Berita Media Massa

Munculnya berita di media massa sangat bergantung pada kepiawaian seorang petugas Public Relations dalam menyiasati media massa. PR yang menguasai prinsip prinsip public relations dan media relations yang baik ! mampu memanfaatkan media massa untuk membangun citra dan reputasi yang positif , dan hasil sebaliknya atau citra negatif jika PR tidak memiliki kemampuan tersebut . Membina hubungan dengan media massa perlu dilakukan karena peranan media massa sebagai media saluran ( channel ) dalam penyampaian pesan Media massa memiliki kemampuan dalam penciptaan publikasi yang cukup tinggi baik yang bersifat stimultaneity effect ( efek keserempakan ). Maupun efek mendramatisir , atau efek publisitas yang luar biasa pengaruhnya influencing spheres ) terhadap pembentukan opini publik ( public opinion ) dalam jangka waktu relatif singkat , bersamaan dengan jangkauan jumlah pembaca yang tersebar di berbagai tempat atau kawasan .

Hasil Kerjasama

Hasil kerjasama yang baik antara PR dan pers diharapkan akan tercipta publik yang positif pula , yang dapat menguntungkan citra perusahaan. Atau organisasi di mata publik Melihat hal tersebut membuat kami selalu memberikan ruang yang cukup dan nyaman. Bagi teman teman media massa untuk menyelesaikan tugasnya di salah satu sudut hotel kami. Hotel bisa menjadi fasilitator media untuk melakukan sharing dengan komunitas media massa. Saat jeda di sela hunting berita , dengan menyediakan Wifi gratis dan tempat minum kopi ataupun teh. Dan berharap ada feedback atau peliputan atas institusi atau hotel kita. Media massa pun memerlukan ruang untuk merasa nyaman dalam menjalankan tugasnya , saat berada di lingkungan kita.

LAKUKAN SESUATU YANG BERBEDA

Untuk dapat memikat perhatian media massa terhadap mosi produk maupun kegiatan perusahaan atau hotel kita tidak selamanya memaksakan media dengan press release g sama . Lakukan sesuatu yang berbeda , meskipun pesan yang ingin di sampaikan sama. Misalnya untuk melakukan promosi terhadap menu baru di awal bulan. Atau mempromosikan paket berbuka puasa , bisa dilakukan dengan mendatangi kantor media massa. Dengan cara melakukan performing art. Misalnya saat mengunjungi media A , staf PR dan GM mengenakan baju Zorro dengan membawa pesan promosi. Menu masakan baru bulan tersebut. Namun saat datang ke media B , staf PR dan GM mengenakan baju koboi dan memainkan musik.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Dan Bisnis Online Sampai Menghasilkan

Demikian pula saat bertandang ke media C, staf PR dan GM melakukan demo masak di kantor media massa tersebut. Dengan demikian nilai dari pesan atau press release yang akan kita sampaikan pun akan berbeda. Media massa tersebut bisa mengambil sudut pandang ataupun nilai yang berbeda dari apa yang kita bawa. Meskipun pesannya sama , yaitu pengenalan masakan andalan di bulan tersebut. Perhatikan juga waktu saat mengundang teman – teman media massa. Upayakan selalu tepat waktu dan mengundang saat mereka tidak dalam situasi yang dikejar deadline atau kejar tayang.

Sumber : Benk Mintosih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: